Sabtu, 17 Desember 2011

DILEMA BUAH SUKUN SBY (PERINGATAN 7 TAHUN KEPEMIMPINAN SBY)

DILEMA BUAH SUKUN SBY
By : M Ryan Fadhli ; Dept Litbang (Kajian)
Setelah menjabat selama 5 tahun pada pemerintahan SBY-JK dan berikutnya 2 tahun selanjutnya beberapa minggu lalu bersama tandem yang berbeda SBY-BOEDIONO, tampaknya apa yang dilakukan oleh pemerintahan ini tidak berarti apa-apa khususnya yang dirasakan oleh rakyat. Terlalu muluk jika dikatakan pemerintahan sby akan beroirentasi kepada rakyat, sedangkan janji selmasa kampanye nya saja belum di realisasikan hingga kini. KENAPA DEMIKIAN…? MARI KITA SIMAK :
Mungkin sebagian besar rakyat Indonesia lupa akan ungkapan SBY semasa dia berjanji dalam debat Calon Presiden yang langsung ditayangkan oleh beberapa stasiun TV di Indonesia, namun saya tidak, kita coba review ulang apa yang menjadi ingatan saya ;
Sebenarnya pada tahapan ini terjadi debat yang sangat sengit antara SBY dan tandem masa lalu nya yang beralih yaitu pak JK. Membahas mengenai produksi dalam negeri dan apa sebenarnya potensi di negeri kita ini yang bisa di eksplore sebaik mungkin untuk dapat dijadikan potensi peningkatan ekonomi yang berbasis kerakyatan. JK dengan pembawaan santai dan jenaka menyinggung jargon SBY yang menggunakan nada dari salah satu Produk Mie Instan di Indonesia (sebut saja Indomie), dengan lirik SBY PRESIDENKU…, lalu perdebatan itu membawa kepada pertanyaan serius dari pak JK, apakah produk ini memang ramah akan dalam negri, dalam artian apakah produk ini menggunakan bahan mentah dari dalam negeri sepenuhnya..? mengingat bahwa bahan utama dari mie instant itu adalah gandum, yang di impor dari luar negeri, oleh sebab tanah negeri kita tidak dapat menanam gandum. Jadi JK mengatakan bahwa produk ini sama sekali tidak murni dari Indonesia, dengan kata lain tidak cinta tanah air.
Sontak SBYpun merasa tertantang, bahkan ia menyatakan jika ia terpilih nanti ia AKAN MEMBUAT MIE INSTANT DARI BAHAN BAKU BUAH SUKUN, dan penonton tertawa, dengan raut wajah serius SBY mempertegas ungkapannya bahwa ini serius dan akan menjadi programnya di bidang ekonomi nantinya.
Dapat kita rasakan sekarang, adakah tanda-tanda pabrik mie instant yang baru akan didirikan dengan berbahan baku buah sukun, atau dapatkah teman-teman temukan kebun buah sukun di negeri ini yang di khususkan hasilnnya akan dijadikan sebagai bahan baku pembuat mie instant..? jika teman-teman dapat menemukan tolong beritahu saya…!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar